...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Siska Febriyanty, Duta Parlemen Remaja DPR RI Wakil Sulawesi Tengah Asal SMA Negeri 1 Biau Kabupaten Buol

siska-febriyanti-murdaya-duta-parlemen-sma-negeri-1-biau-buol-sulawesi-tengah

Buol – Tahun ini merupakan tahun penuh prestasi bagi Dunia Pendidikan di Kabupaten Buol, salah satu siswa SMA Negeri 1 Biau, Siska Febriyanty Murdaya terpilih menjadi satu dari 132 (seratus tiga puluh dua) siswa SMA dari seluruh Indonesia yang menjadi duta Parlemen Remaja.

Kegiatan Duta Parlemen Remaja ini yang di selenggarakan langsung oleh Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI di Jakarta mulai dari tanggal 10 hingga 14 Oktober 2022, program yang dilaksanakan setiap tahun ini mengambil dua remaja usia SMA (Sekolah Menengah Atas) dari setiap Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI.

Kegiatan Duta Parlemen Remaja tahun 2022 ini diikuti oleh oleh 5.000 (lima ribu) siswa yang mendaftar di seluruh Indonesia dan hanya akan menyisakan 132 siswa terpilih dari seluruh Dapil DPR RI, Siska sendiri merupakan salah satu dari dua siswa utusan Dapil Sulawesi Tengah dalam kegiatan tersebut.

Seleksi Duta Parlemen Remaja ini terbilang cukup kompetitif, untuk terpilih sebagai Duta Parlemen Remaja 2022, para siswa ini akan dinilai dari seleksi berkas dan biodata, penulisan esay, dan pembuatan video tentang sebuah isu yang mereka kirimkan langsung ke panitia penyelenggara secara online.

Profil Siska Febryianty Murdaya, Duta Parlemen Remaja Sulawesi Tengah Asal Kabupaten Buol

iska Febriyanty Murdaya bersama Kepala SMA Negeri 1 Biau Saat Prosesi Penyambutan pada Jumat (21/1022) setelah selesai melaksanakan tugasnya di Jakarta (Facebook/Ahmad S. Ajun)
Siska Febriyanty Murdaya bersama Kepala SMA Negeri 1 Biau Saat Prosesi Penyambutan pada Jumat (21/1022) setelah selesai melaksanakan tugasnya di Jakarta (Facebook/Ahmad S. Ajun)

Siska yang merupakan siswi kelas XII SMA Negeri 1 Biau Kabupaten Buol ini, dikenal merupakan anak yang memiliki nilai akademik diatas rata-rata rekan sebayanya. Selain itu, Siska juga terlihat memiliki modal mental dan kepercayaan diri untuk dapat tampil sebagai Duta Parlemen Remaja.

Hal ini dapat dinilai dari aksi Siska yang dengan cerdas dan tanpa rasa grogi mempresentasikan materinya di hadapan para Anggota DPR RI, Pejabat Pemerintah, Jurnalis, Para Narasumber dan ratusan peserta anggota Parlemen Remaja di gedung Wisma Nusa DPR RI, Jakarta.

Siska adalah putri kelahiran Desa Winangun, Kecamatan Bukal, Kabupaten Buol ini yang merupakan anak kedua dari Bapak Purwoko Budi Laksono dan Ibu Fitria.

Kedua orang tua Siska yang merupakan warga transmigran asal dari Desa Gading Rejo, Kecamatan Umbul Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini bekerja sebagai karyawan swasta di perusahaan pengolahan sawit milik Siti Hartati Murdaya di Kabupaten Buol.

Kisah Siska Mengikuti Seleksi Duta Parlemen Remaja

Para Anggota Parlemen Remaja 2022 berfoto di depan Gedung DPR RI, Senayan Jakarta (Facebook/Parlemen Remaja)
Para Anggota Parlemen Remaja 2022 berfoto di depan Gedung DPR RI, Senayan Jakarta (Facebook/Parlemen Remaja)

Kisah Siska menjadi Duta Parlemen Remaja ternyata berawal dari aktifitasnya yang sering membuka informasi di internet, melalui aplikasi mesin pencari google, Siska menemukan informasi terkait pendaftaran Duta Parlemen Remaja yang di selenggarakan oleh Setjen DPR RI di Jakarta.

Walaupun sempat kurang yakin akan lulus pada seleksi yang diikuti oleh ribuan siswa tersebut, namun usaha Siska melengkapi semua persyaratan akhirnya terbayar, melalui pihak sekolah dirinya dikonformasi oleh Panitia lulus pada seleksi sebagai Duta Parlemen Remaja tahun 2022 perwakilan Sulawesi Tengah.

Melaksanakan Simulasi Sidang Paripurna DPR RI dan Difasilitasi Layaknya Anggota DPR RI

Kegiatan Siska dan para Anggota Parlemen Remaja lainnya di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta (Facebook/Parlemen Remaja)
Kegiatan Siska dan para Anggota Parlemen Remaja lainnya di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta (Facebook/Parlemen Remaja)

Siska berangkat ke Jakarta pada tanggal 7 Oktober 2022 untuk melaksanakan kegiatan yang akan digelar selama 5 (lima) hari tersebut, seluruh biaya, mulai perjalanan sampai akomodasi selama kegiatan diberikan fasilitas selayaknya Anggota DPR RI.

“Selama lima hari kami di Jakarta fasilitas yang di berikan seperti pejabat negara, tinggal di hotel mewah, makanan kayak pejabat, diantar jemput dengan mobil mewah, disiapkan pakaian, biaya transportasi pesawat PP (pulang pergi) di tanggung dan di kasih uang saku, pokoknya mewah,” ungkap Siska kepada media, dikutip dari Metro Realitas.

Kegiatan Siska selama 5 hari di Jakarta tersebut layaknya seorang anggota DPR RI yang sedang menjalankan tugas negara, mulai dari melakukan Rapat Kerja, Simulasi Sidang Paripurna di gedung DPR RI hingga membahas berbagai agenda terkait tema ‘Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku’.

Para Anggota Parlemen Remaja ini juga melakukan kunjungan kerja ke beberapa kantor pemerintah dan Swasta, seperti Kantor Badan Pusat Satistik (BPS), Kantor E-commerce asal Indonesia Tokopedia dan Kantor perwakilan Google Indonesia.

Selain itu, hasil sidang Parlemen Remaja tersebut nantinya akan menghasilkan pokok pikiran yang kemudian akan dijadikan draft usulan sebagai masukan dalam pembentukan Peraturan Pemerintah terkait perlindungan data warga negara oleh DPR RI.

Mendapat Beasiswa Penuh ke Perguruan Tinggi

Siska Febriyanty Murdaya Saat Prosesi Penyambutan pada Jumat (21/1022) setelah selesai melaksanakan tugasnya sebagai Duta Parlemen Remaja 2022 di Senayan, Jakarta (Facebook/Ahmad S. Ajun)
Siska Febriyanty Murdaya Saat Prosesi Penyambutan pada Jumat (21/1022) setelah selesai melaksanakan tugasnya sebagai Duta Parlemen Remaja 2022 di Senayan, Jakarta (Facebook/Ahmad S. Ajun)

Tidak hanya hadiah materi berupa sertifikat dan uang saku, terbaru Siska juga mendapatkan kabar bahwa dirinya turut mendapatkan pembiayaan penuh untuk melanjutkan pendidikan ke beberapa perguruan tinggi yang ditentukan.

”Ini tadi saya di panggil Kepala Sekolah, dikasih tahu mendapat beasiswa full melanjutkan kuliah di Universitas di Sulawesi dan di luar Sulawesi” sambung Siska.

Pada kesempatan yang sama, kedua orang tua Siska merasa bersyukur dan mendukung Putrinya tersebut untuk terus belajar dan terus berprestasi sampai meraih apa yang di cita-citakan.

”Saya sebagai orang tuanya bersyukur kepada Allah yang telah menunjukan kemurahan-Nya kepada keluarga kami dan anak-anak kami Siska Febriyanti Murdaya semoga benar mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi,” ujar orang tua Siska.

“Kami orang tua mendukung untuk terus belajar sampai dimana kemampuannya dan kemampuan kami sebagai orang tua” Lanjut Purwoko yang merupakan warga Desa Winangun kelahiran Gading Rejo, Jawa Timur ini.

Foto: Facebook/Parlemen Remaja, Facebook/Ahmad S. Ajun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

buolonline
Platform informasi dan berita seputar Kabupaten Buol, Kabupatan Tolitoli, dan sekitarnya.
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.