...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

3 Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp Untuk Kontak, Grup Atau Seluruh Pemberitahuan

3-cara-menonaktifkan-notifikasi-pemberitahuan-whatsapp-kontak-dan-grup

Teknologi – WhatsApp adalah salah satu aplikasi percakapan yang populer digunakan saat ini, aplikasi yang bisa digunakan antar perangkat mulai dari smartphone hingga komputer ini memudahkan para penggunanya untuk berkirim pesan melalui koneksi internet.

Meski demikian, saking banyaknya digunakan oleh orang sebagai media komunikasi dan promosi, kadang kala notifikasi atau pemberitahuan yang muncul melalui aplikasi tersebut di perangkat kita bisa dianggap mengganggu oleh sebagian orang.

Terlebih jika untuk orang-orang yang sementara memilih untuk tidak diganggu semetara waktu seperti saat berlibur ataupun sedang ingin menjauh dari berbagai dering dan hiruk pikuk notifikasi smartphone yang akrab di dunia digital saat ini.

Cara Menonaktifkan Notifikasi (Pemberitahuan) Aplikasi WhatsApp

Secara umum ada tiga cara untuk menonaktifkan notifikasi di aplikasi perpesanan WhatsApp ini, ketiga cara ini juga memiliki fungsi dan efek yang berbeda-beda, yang pertama menonaktifkan notifikasi suara dan layar untuk profil kontak atau grup tertentu, cara yang kedua menonaktifkan notifikasi tingkat lanjut melalui pengaturan aplikasi WhatsApp dan yang ketiga menonaktifkan seluruh notifikasi WhatApp melalui pengaturan Telepon.

Ayo simak ketiga cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi WhatsApp tersebut berikut ini.

1. Menonaktifkan Notifikasi Suara dan Layar di Aplikasi Whatsapp Untuk Kontak atau Grup Tertentu

  • Buka Aplikasi WhatsApp di Smartphone
  • Masuk ke tampilan chat (Pesan) pada Profil atau Grup yang ingin dinonaktifkan notifikasinya
  • Klik tombol dengan simbol elipsis (titik tiga) di sudut kanan atas tampilan chat
  • Pilih ‘Bisukan notifikasi’
  • Pada pengaturan ini Kamu bisa menetukan tiga pilihan rentang waktu untuk membisukan notifikasi, mulai dari selama 1 jam, 1 minggu dan penonaktifan tanpa batas waktu (selalu).
  • Ada pula pilihan tambahan pada check box ‘Tampilkan notifikasi’, jika ini dicentang maka pemberitahuan secara visual melalui notifikasi layar akan tetap ditampilkan, hanya notifikasi suara yang akan dinonaktifkan sesuai dengan pilihan rentang waktu. Terakhir, Tekan tombol ok untuk mengkonfirmasi.

2. Menonaktifkan Notifikasi Tingkat Lanjut Melalui Pengaturan Aplikasi WhatsApp

  • Buka Aplikasi WhatsApp di Smartphone
  • Pada tampilan beranda (tampilan utama) aplikasi WhatsApp, klik tombol dengan simbol elipsis (titik tiga) di sudut kanan atas tampilan chat.

  • Pilih ‘Setelan’
  • Pilih ‘Notifikasi’
  • Dalam menu pengaturan notifikasi ini ada banyak pilihan pengaturan yang bisa diatur lebih detail mulai dari hanya menonaktifkan suara, notifikasi getar, pop-up, dan beberapa pengaturan lainnya yang bisa dipilih pada tab pesan atau grup, namun perlu dicatat seluruh pilihan di menu ini akan berefek pada notifikasi di seluruh kontak atau grup dan bukan untuk penonaktifan khusus kontak atau grup tertentu seperti di cara yang pertama.

3. Menonaktifkan Seluruh Notifikasi WhatApp Melalui Pengaturan Telepon

  • Cara ini agak tergolong ekstrim, dan merupakan cara pintas untuk menonaktifkan semua notifikasi baik suara, getar maupun visual dari sebuah aplikasi termasuk WhatsApp, langkah pertama masuk ke Pengaturan Telepon (Android) dan pilih ‘Pengaturan Aplikasi’ (tampilan dan nama menu bisa bervariasi tergantung jenis HP).
  • Cari WhasApp di daftar aplikasi yang terpasang (install) dan pilih untuk masuk ke menu pengaturan aplikasinya.
  • Pilih Kelola Pemberitahuan (Notifikasi).
  • Pada menu ini kamu bisa langsung menonaktifkan seluruh notifikasi pada tombol paling atas di bagian ‘Izinkan pemberitahuan’.
  • Namun untuk pengaturan lebih detail, kamu bisa menentukan melalui beberapa pilihan di bagian bawah tanpa perlu menyentang tombol ‘izinkan pemberitahuan’ yang berada di tombol paling atas. Jika semua pengaturan telah sesuai dengan personalisasi anda, cukup tekan tombol kembali atau keluar dan pengaturanmu akan otomatis tersimpan.

Baca Juga
Cara Menonaktifkan Download Otomatis Foto dan Video di WhatsApp Untuk Menghemat Penyimpanan
Cara Mudah Keluar Dari Grup Dalam Aplikasi WhatsApp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com, mari bergabung di Grup WhatsApp “buolonline.com”, caranya klik link berikut chat.whatsapp.com/Fmh879BC3ca21UZkH9Wf3X kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @BuolOnline.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

buolonline
Platform informasi dan berita seputar Kabupaten Buol, Kabupatan Tolitoli, dan sekitarnya.
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.