...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Cara Menonaktifkan Download Otomatis Foto dan Video di WhatsApp Untuk Menghemat Penyimpanan

cara-menonaktifkan-unduhan-download-otomatis-media-foto-dan-video-whatsapp-untuk-menghemat-penyimpanan-dan-pulsa-data

Teknologi – WhatsApp sebagai adalah salah satu aplikasi perpesanan yang populer digunakan saat ini bisa dibilang telah menjadi bagian wajib dari isi sebuah smartphone yang kita di miliki zaman internet ini.

Akan tetapi kadang kala untuk sebagian perangkat yang terbatas kapasitas penyimpanannya aplikasi WhatsApp biasanya menjadi salah satu program terpasang yang menggunakan sebagaian besar ruang memori tersebut untuk menyimpan data-data besar seperti foto, video dan dokumen.

Penuhnya ruang penyimpanan ini sering mengakibatkan gangguan seperti lambatnya kinerja perangkat dalam memproses tugas, bahkan tidak jarang kita menemukan perangkat yang terpaksa harus menghapus sebagaian datanya terlebih dahulu agar bisa lanjut beroperasi sebagaimana mestinya.

Untuk menghemat ruang penyimpanan telepon yang digunakan oleh aplikasi WhatsApp secara umum ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mematikan fitur download media secara otomatis pada pengaturan WhatsApp dan metode kedua adalah dengan secara rutin menghapus atau memindahkan ke perangkat lain foto dan video yang sudah tidak digunakan.

Kali ini Buol Online akan menjelaskan cara menonaktifkan fitur download otomatis pada aplikasi WhatsApp agar tidak menyimpan foto atau video dari perpesanan secara langsung ke galeri (memori) perangkat handpohone Kamu.

Karena jika dibiarkan aktif, fitur unduhan otomatis media pada aplikasi WhatsApp akan selalu men-download semua kiriman orang lain seperti foto, video yang diterima pengguna walaupun kadang file tersebut kurang penting dan sebenarnya tidak harus tersimpan di galeri.

Cara Menonaktifkan Unduhan Otomatis Foto dan Video WhatsApp Agar Tidak Tersimpan di Galeri

  1. Buka Aplikasi WhatsApp dari perangkat Kamu.
  2. Ketuk simbol elipsis (ikon titik tiga) yang berada di sudut kanan atas beranda WhatsApp (hamalam awal).
  3. Pilih ‘Setelan’
  4. Pada menu Setelan tersebut pilih ‘Penyimpanan dan data’
  5. Setelahnya Kamu akan masuk di menu Penyimpanan dan Data, yang selanjutnya pada tab (bagian) ‘Unduh otomatis media’, akan ada tiga pilihan yaitu, ‘Saat menggunakan data seluler’, ‘Saat terhubung ke Wi-Fi’ dan ‘Saat roaming’
  6. Masuk pada menu pertama yaitu ‘Saat menggunakan data seluler’, pada bagian ini akan ada 4 checkbox (kotak centang), yaitu Foto, Audio, Video dan Dokumen, hilangkan tanda centang dari keempat jenis file media tersebut agar tidak tersimpan secara otomatis di galeri (memori penyimpanan), selanjutnya pilih OKE.
  7. Setelah anda memilih oke, keterangan pada pilihan tersebut akan berubah menjadi tulisan ‘Tidak ada media’
  8. Lakukan prses peperti pada tahapan nomor enam tadi pada kedua pilihan lainnya yaitu ‘Saat terhubung ke Wi-Fi’ dan ‘Saat roaming’ agar baik pada saat terhubung ke Wi-Fi atau saat Roaming aplikasi WhatsApp tidak akan mengunduh media secara otomatis.
  9. Setelah ketiga ketiga opsi tersebut keterangannya berubah menjadi ‘No Media’ maka anda tingga keluar dari menu pengaturan dan kembali menggunakan WhatsApp seperti biasanya.

Jika seluruh proses yang kamu lakukan tersebut telah benar, maka aplikasi WhatsApp tidak akan mengunduh media secara otomatis baik Foto, Audio, Video dan Dokumen.

Namun apabila file media tersebut Kamu rasa penting dan perlu untuk disimpan ke galeri atau kartu memori, maka akan muncul pilihan unduh atau download yang bisa silakukan secara manual setiap kali pesan yang berisi media masuk.

Cara ini bukan hanya dapat menjadi solusi untuk menghemat memori penyimpanan perangkat smartphone Kamu, namun juga bisa menghemat penggunaan data (pulsa) yang digunakan untuk mendownload media WhatsApp sehingga hanya digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:
3 Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp Untuk Kontak, Grup Atau Seluruh Pemberitahuan
Cara Mudah Keluar Dari Grup Dalam Aplikasi WhatsApp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com, mari bergabung di Grup WhatsApp “buolonline.com”, caranya klik link berikut chat.whatsapp.com/Fmh879BC3ca21UZkH9Wf3X kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @BuolOnline.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

buolonline
Platform informasi dan berita seputar Kabupaten Buol, Kabupatan Tolitoli, dan sekitarnya.
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.