...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

9 Fakta Suku Bajo Di Indonesia Yang Bisa Menyelam Sedalam 70 Meter Dengan Satu Tarikan Napas!!!

9-facts-about-the-bajo-tribe-in-indonesia-who-can-dive-as-deep-as-70-meters-with-one-breath-9-fakta-suku-bajo-di-indonesia-yang-bisa-menyelam-sedalam-70-meter-dengan-satu-tarikan-napas

Berita Viral – Suku Bajo yang merupakan salah satu etnis asli Indonesia baru-baru ini viral hingga menjadi topik utama dalam beragam pencarian Google. Hal ini karena suku yang mayoritas berada di Indonesia bagian timur ini disebutkan menjadi inspirasi film anyar Avatar 2: The Way of Water yang diungkap oleh sang sutradara James Cameroon.

Berikut Buol Online beberkan beberapa fakta tentang Suku Bajo yang unik ini.

Fakta Unik Suku Bajo Di Indonesia

1. Sanggup Menyelam 70 Meter Tanpa Alat Bantu

Suku Bajo yang ada di Indonesia ini bisa menyelam hingga kedalaman 70 meter hanya dengan satu tarikan napas, mereka bahkan tidak membutuhkan alat bantu dan pakaian khusus untuk menyelam. Masyarakat Suku Bajo biasanya hanya menggunakan sebuah kacamata renang dari kayu sebagai pelindung mata.

2. Limpa Suku Bajo Lebih Besar 50 Persen Dari Manusia Normal

Berdasarkan penelitian dari University of Copenhagen dan University of California di Berkeley, ukuran limpa Suku Bajo lebih besar 50 % (persen) dibanding orang pada umumnya, ini yang membuat oksigen di dalam darah mereka lebih banyak dari manusia normal saat menyelam.

3. Memiliki Banyak Nama

Suku ini memiliki banyak nama di berbagai daerah antara lain ada Bajo, Badjaw, Sama dan Same, sementara untuk masyarakat internasional Suku Bajo banyak dikenal dengan nama Bajau Tribe.

4. Mendapat Beberapa Julukan Unik

Di indonesia sendiri Suku Bajo juga banyak dikenal dengan istilah Manusia Laut merujuk pada gaya hidupnya yang bergantung pada lautan, selain itu di Suku Bajo yang terkenal dengan ciri khasnya yang hidup nomaden ini juga mendapat julukan “sea gypsy” oleh masyarakat internasional.

5. Tersebar di Indonesia Bagian Timur

Suku Bajo mayoritas dapat ditemukan di sebagian besar wilayah Pulau Sulawesi khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara, selain itu Suku Bajo juga dapat ditemukan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pulau Kalimantan dan beberapa daerah di Indonesia Timur lainnya, selain itu Suku Bajo juga dapat ditemukan di beberapa daerah di Malaysia dan Thailand.

6. Dulunya Hidup Nomaden

Nenek moyang Suku Bajo diketahui sudah terbiasa mengembara di lautan lepas dengan menggunakan perahu tradisional dan posisi bintang sebagai penunjuk arah, dulunya dengan kemampuan ini Suku Bajo hidup diatas dan berpindah-pindah sepanjang siklus kehidupannya.

7. Suku Bajo Modern Bermukim Di Atas Lautan Dangkal

Saat ini di zaman modern, Suku Bajo banyak tidak lagi hidup nomaden di lautan lepas, warga Suku Bajo sekarang banyak ditemukan tinggal di pemukiman yang dibanguna di atas lautan dangkal dan di pesisir pantai.

8. Berprofesi Sebagai Nelayan

Kebanyakan Suku Bajo berprofesi sebagai nelayan tradisional, bahkan suku ini memiliki cara yang unik dalam menangkap ikan yaitu dengan menggunakan panah yang dibuat khusus, seringkali dengan kemampuan menyelam yang luarbiasa ini warga suku bajo ditemukan berjalan di bawah dasar laut sambil mengendap-ngendap saat berburu ikan.

9. Ikut Melestarikan Ekosistem Laut

Cara menangkap ikan dengan panah ini ala Suku Bajo bukanlah tanpa alasan, sebagai manusia yang bergantung dan menyatu dengan lautan, mereka juga tidak mau merusak kehidupan dan keindahan laut, bahkan Suku Bajo akan memilih ukuran ikan yang ditangkap demi keberlanjutan ekosistem laut.

Baca Juga:
Mengenal Suku Bajo di Indonesia Yang Jadi Inspirasi Pembuatan Film Avatar 2

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com, mari bergabung di Grup WhatsApp “buolonline.com”, caranya klik link berikut chat.whatsapp.com/Fmh879BC3ca21UZkH9Wf3X kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @BuolOnline. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

buolonline
Platform informasi dan berita seputar Kabupaten Buol, Kabupatan Tolitoli, dan sekitarnya.
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.