Kabupaten Buol Ada Dimana?

Pemimpin Redaksi

Bagikan informasi ini ke:

Bagikan informasi ini ke:

WhatsApp
Telegram
Facebook
lokasi-kabupaten-buol-sulawesi-tengah-yang-berada-di-bagian-utara-pulau-sulawesi

BUOL – Buol atau Kabupaten Buol jika merujuk pada wilayah administrasi adalah sebuah daerah yang terletak di bagian ujung paling utara Provinsi Sulawesi Tengah, di Pulau Sulawesi sendiri lokasi Buol juga berada di sisi utara pulau Sulawesi yang berhadap-hadapan langsung dengan Negera Filipina di bagian utaranya.

Wilayah Buol di Pulau Sulawesi

Luas wilayah daratan Kabupaten Buol adalah 4.043,57 Km2 dengan garis pantai sepanjang sekitar 234,63 km yang memanjang di pesisir Laut Sulawesi, secara geografis daerah ini terletak pada 0°35′ – 1°20′ Lintang Utara dan 120°00′ – 122°09′ Bujur Timur.

Letak Buol yang hampir membelah leher Pulau Sulawesi ini membuat sebagian besar topografi wilayahnya terdiri dari dataran rendah, perbukitan hingga gunung-gunung dengan ketinggian yang dapat mencapai 2.400 meter di atas permukaan air laut terutama bagian selatan.

Selain Laut Sulawesi di bagian utara, secara administrasi letak Kabupaten Buol berbatasan dengan Provinsi Gorontalo di bagian timur dan di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Tolitoli, kemudian di bagian selatan terbagi dua sebagian berbatasan dengan Provinsi Gorontalo sedangkan sebagiannya dengan Kabupaten Parigi Moutong.

Baca Juga:   Terpaksa Pakai Air Galon Untuk Cuci Piring, Pedagang Kuliner Taman Kota Buol Minta Akses Air Bersih

Buol Sebagai Kabupaten Di Sulawesi Tengah

Kabupaten Buol sendiri adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang berdiri sejak 12 Oktober 1999 hasil pemekaran dari Kabupaten Buol Tolitoli, Ibukota Kabupaten Buol saat ini adalah Kelurahan Buol yang berada di Kecamatan Biau.

Daerah Buol sebagai sebuah Kabupaten terbagi menjadi 11 Kecamatan dengan 108 Desa dan 7 Kelurahan, kesebelas kecamatan ini yaitu Biau, Lakea, Karamat, Momunu, Tiloan, Bokat, Bukal, Bunobogu, Gadung, Paleleh Barat dan Paleleh.

Akses Transportasi Menuju Kabupaten Buol

Saat ini Kabupaten Buol dapat diakses dengan cukup mudah dari Kota Palu sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah dengan perjalanan udara melalui Bandara Pogogul Buol yang setiap minggunya melayani penerbangan dengan Rute Palu-Buol menggunakan pesawat berukuran sedang berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

Baca Juga:   Perjuangan 15 Tahun, Kawasan Transmigrasi Paleleh di Buol Resmi Disahkan Kemendes

Selain melalui Bandara Pogogul, terdapat dua alternatif perjalanan udara lainnya yaitu 390 km ke arah timur terdapat Bandara Jalaluddin Gorontalo dengan penerbangan 3 kali sehari ke Jakarta dan 155 km ke arah timur terdapat Bandar Udara Sultan Bantilan yang melayani penerbangan dengan rute Palu-Tolitoli.

Kemudian untuk mengakses wilayah Kabupaten Buol dapat pula menggunakan jalur darat yang jika dari Ibukota Sulawesi Tengah di Kota Palu perjalanan darat tersebut akan memakan waktu sekitar 24 jam dengan melewati jalur sekitar 545 km yang membelah pegunungan tinombala.

Baca Juga:   Penerbangan Bandara Pogogul Buol Masih Kosong, Ini Penyebabnya!

Selain dua jalur akses tersebut, Kabupaten Buol juga memiliki tiga Pelabuhan Laut yang rutin disinggahi oleh kapal-kapal Pelni dengan rute beragam hingga mulai dari gorontalo hingga ke Pulau Kalimantan, pelabuhan di Kabuapten Buol ini yaitu Pelabuhan Leok, Pelabuhan Lokodidi dan Pelabuhan Paleleh.

Baca Juga:
Bukan Marvel, Ini Talokan Versi Indonesia Surga Tersembunyi Di Kabupaten Buol
Batu Tiga Lepa, Destinasi Wisata di Buol Ala Raja Ampat Versi Sulawesi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com, mari bergabung di Grup WhatsApp “buolonline.com”, caranya klik link berikut chat.whatsapp.com/Fmh879BC3ca21UZkH9Wf3X kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @BuolOnline.

Dapatkan info pilihan kami langsung di ponselmu. Gabung di Grup WhatsApp Buol Online, klik link berikut: chat.whatsapp.com/BuolOnline

Ikuti juga akun media sosial Buol Online dibawah ini:

BERIKAN KOMENTARMU

Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

ARTIKEL TERKAIT