...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

7 Fakta Menarik Serial Switchover, Karya Putri Daerah Buol

7-fakta-menarik-serial-switchover-karya-putri-daerah-buol-sulawesi-tengah

 

Switchover adalah web series terbaru yang tayang mulai Januari 2023. Diperankan oleh aktris populer Adhisty Zara sebagai bintang utama, serial Switchover adalah hasil adaptasi dari novel wattpad terkenal dengan puluhan juta pembaca.

Penulis Switchover adalah putri asli Buol, Mila Mentemas yang bernama pena “MikeIndiaLima2”. Sementara itu, serial ini diproduksi oleh Screenplay Films dan akan tayang di platform Vidio. 

7 Fakta Menarik Serial Switchover, Tayang Hari Ini!

Kali ini, Buol Online kembali berkesempatan berbincang-bincang terkait serial ini bersama Mila, penulis Switchover. Sebelum menyaksikan serialnya, yuk simak dulu 5 fakta menarik dan sinopsis switchover berikut ini!

1. Ditulis oleh putri daerah Buol

Switchover ditulis oleh Siti Jamila A. K. Mentemas, novelis muda asal Buol yang dikenal eksis di dunia Wattpad. Selain Switchover, Mila sudah melahirkan 5 karya lainnya yang bisa dibaca di akun Wattpad-nya, @Mikeindialima2.

“Saya mendapatkan banyak inspirasi dari membaca novel terjemahan dan menonton series-series Amerika di Netflix. Selain itu, saya juga sering kali menulis beberapa adegan yang saya ambil dari pengalaman pribadi di dunia nyata, seperti pengalaman saya dalam keluarga, pertemanan, dan percintaan,” ungkap Mila saat ditanya tentang inspirasi menulis Switchover.

2. Mengandung unsur dark dan sudah dibaca 26,7 juta kali

Switchover adalah buku pertama sekaligus pembuka dari The Over Series, dan saat ini sudah diterbitkan dan dibaca sebanyak 26,7 juta kali di Wattpad. Novel ini bergenre young adult dengan cerita yang agak dark, berbeda dengan fiksi remaja pada umumnya.

“Saya suka mempelajari hal-hal baru. Sebelum menulis Switchover, cerita-cerita saya hanya berfokus ke genre Teen Fiction, cerita romantis ala remaja Indonesia. Tapi karena saya ingin keluar dari zona nyaman, saya mulai menantang diri untuk menulis Switchover dengan genre Young Adult berunsur dark.” Ucap Mila tentang genre Switchover.

Proses penulisannya sendiri diklaim 2 kali lebih berat. Pasalnya, Mila perlu riset lebih banyak karena latar aslinya adalah di Amerika, sementara ia sendiri belum pernah ke Amerika. Sebagai buku pertamanya yang diadaptasi dalam bentuk visual, Mila juga mengklaim sekuel lanjutan serial Switchover masih akan dipikirkan lagi ke depannya.

3. Perjalanan Switchover hingga diadaptasi sebagai serial

Perjalanan Switchover dari 0 hingga tayang sebagai serial web cukup lama. Butuh beberapa tahun hingga karya ini dikenal. Setelah mencapai 1 juta pembaca, Mila sempat berpikir untuk melakukan self publishing, namun ternyata berhasil terbit mayor oleh penerbit besar dan dipasarkan di Gramedia.

Untuk series, saya dihubungi langsung oleh pihak Wattpad Studios Indonesia dan membicarakan beberapa persetujuan sebelum akhirnya menandatangani kontrak untuk Vidio Original Series. Saya sangat senang mendapatkan banyak dukungan dari pembaca dan melihat aktor & artis terkenal memainkan cerita yang telah saya tulis selama 1 tahun ini,” ungkap Mila.

4. Daftar pemain Switchover

Serial Switchover diperankan oleh sederet aktris dan aktor populer Indonesia yang sebelumnya sudah membintangi berbagai karya. Berikut daftar pemain utama Switchover dan info singkatnya:

  • Adhisty Zara sebagai Anna

Adalah mantan personel idol group terkenal JKT48. Ia memulai debut aktingnya di film Dilan 1990, kemudian menjadi pemeran utama di film populer Keluarga Cemara, Dua Garis Biru, Mariposa, Virgin the Series, dan banyak lagi.

  • Emir Mahira sebagai Leo

Dikenal sebagai aktor yang mengawali karir melalui film Garuda di Dadaku. Telah membintangi beberapa judul populer seperti Soekarno, Kalian Pantas Mati, Dear David dan lain-lain.

  • Fadly Faisal sebagai Dylan

Fadly sudah berkecimpung di dunia model sejak 2017 dan pernah tampil di video musik penyanyi terkenal seperti Ungu, Yura Yunita, dan Marion Jola. Adik ipar Vanessa Angel ini juga pernah membintangi Juara The Series, Flora, dan film Sri Asih.

Selain 3 nama di atas, serial Switchover juga diperankan oleh Julian Jacob, Fatih Unru, Alika Jantinia, Hayu Pangastuti, dan sederet pemeran berbakat lainnya. Dalam proses pemilihan pemeran, Mila mengaku tidak ada kriteria khusus. Ia memberikan tanggung jawab sepenuhnya pada pihak produksi.

5. Sinopsis Switchover

Serial Switchover mengisahkan tentang Anna, seorang gadis yang mengubah kepribadiannya dan bergabung bersama salah satu geng motor paling mengerikan di Bandung. Adapun tujuannya adalah untuk menyelidiki misteri kematian ayahnya, Jones.

Di series ini, Mila berperan sebagai penulis original yang memberi informasi terkait karakter penting bagi cerita. Sedangkan cerita versi serial dikembangkan lebih lanjut oleh penulis naskah produksi dengan melakukan beberapa perubahan.

Salah satu perbedaannya adalah latar tempat. Pada versi novel digunakan latar Amerika, sedangkan pada versi serial mengambil latar Indonesia untuk menyesuaikan dengan target penonton.

Perbedaan kedua adalah dari segi cerita. Misalnya, pada versi novel ayah Naomi (Anna) tidak meninggal tetapi di versi series dibuat meninggal untuk memberikan pengaruh pada karakter Anna.

6. Pesan penulis untuk penggemar Switchover

Pada versi novel, Switchover tamat dengan perpisahan tragis Leo dan Naomi (Anna). Melalui Switchover, Mila selaku penulis ingin memperlihatkan bagaimana perubahan Anna yang hidupnya terang tiba-tiba berubah menjadi gelap setelah mengenal Leo.

Dia berusaha memperbaiki Leo, namun di saat yang bersamaan hubungan mereka banyak mengandung unsur toxic. Penulis tidak ingin meromantisasi hubungan toxic dengan memberi akhir bahagia.

Sehingga, Mila berpesan pada pembaca bahwa hubungan yang beracun tidak baik untuk hidup kita, akan ada banyak masalah yang harus dihadapi saat memilih untuk bertahan dengan laki-laki yang problematik. Mila juga mengingatkan pembaca untuk bergaul bersama orang yang baik dan jangan mudah terpengaruh pada pergaulan buruk.

Sebelum mengakhiri sesi wawancara, Mila menyampaikan terima kasihnya pada para pembaca novel maupun penonton serial Switchover.

“Terima kasih sudah mendukung saya sejauh ini. Terima kasih untuk waktu, kasih sayang, ucapan dan hadiah yang tak habis-habisnya kalian berikan. Mungkin tidak banyak yang bisa saya lakukan saat ini, tapi saya akan berusaha menyelesaikan cerita-cerita yang telah saya mulai agar kalian senang. Jangan lupa nonton serial Switchover tanggal 7 Januari hanya di Vidio. Ingat, jangan nonton bajakan! Love you all <3”, pesan Mila.

7. Jumlah episode dan jadwal tayang Switchover

Switchover mulai tayang hari ini, Sabtu, tanggal 7 Januari 2023 di platform online streaming Vidio. Switchover adalah web series pertama dari Vidio yang tayang tahun 2023.

Dengan total 8 episode, jadwal tayangnya adalah setiap hari Sabtu di platform yang sama. Saat ini, episode 1, 2, dan 3 Switchover sudah bisa ditonton gratis di Vidio melalui link berikut. Ayo, dukung karya anak Buol dan saksikan serial Switchover sekarang!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

buolonline
Platform informasi dan berita seputar Kabupaten Buol, Kabupatan Tolitoli, dan sekitarnya.
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.