Lulus Cum Laude S1 Tanpa Skripsi, Febrianto Arifin Alumni SMKN 1 Bokat Kabupaten Buol !!!

Tim Redaksi Buol Online

Bagikan informasi ini ke:

Bagikan informasi ini ke:

WhatsApp
Telegram
Facebook
febrianto-arifin-alumni-smkn-1-bokat-kabupaten-buol-lulus-cum-laude-s1-tanpa-skripsi-di-universitas-sam-ratulangi-manado-melalui-program-kementrian-pendidikan-
febrianto-arifin-alumni-smkn-1-bokat-kabupaten-buol-lulus-cum-laude-s1-tanpa-skripsi-di-universitas-sam-ratulangi-manado-melalui-program-kementrian-pendidikan-

Berita Buol – Membanggakan! Febrianto Arifin putra Sulawesi Tengah, berhasil meraih gelar Sarjana Ilmu Politik di Univeritas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Provinsi Sulawesi Utara dengan predikat istimewa yaitu tanpa melalui proses skripsi serta KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Hasil ini diraih oleh pemuda kelahiran Parigi Moutong, 13 Februari 2001 ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Sam Ratulangi bernomor 1980/UN12/PD/2021 yang menetapkan dirinya sebagai sebagai salah satu mahasiswa yang berhak menerima penyetaraan tugas akhir (skripsi) sebagai penghargaan atas prestasinya di tingkat nasional.

Mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Kegiatan yang membuatnya berhasil menyelesaikan studinya hanya dalam waktu singkat yaitu sekitar tiga tahun ini adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 34 di yang sebelumnya digelar di Sumatera Utara pada 25 Oktober 2021 silam.

Dalam kegiatan ini, Febrianto bersama timnya yaitu Mineshia Lasewengen dan Deo Rawis melakukan sebuah riset ilmiah dengan judul ‘Political Marketing And Electability : Studi Dampak Game Online sebagai media marketing pada pemilihan Gubernur di Sulawesi Utara’.

Atas prestasinya tersebut, Putra kedua dari pasangan Arifin Usman dan Samsinar Amanda yang sehari-harinya bekerja sebagai petani kebun di Desa Duwamayo Kecamatan Bokat ini selain dibebaskan dari tugas akhir, Ia juga bebas dari kewajiban mengikuti program KKN atau sejenisnya.

“Selain dibebaskan dari Skripsi Saya juga dibebaskan dari KKT atau KKN, sehingga Saya hanya menyelesaikan pemenuhan SKS yaitu 144 SKS,” ungkap Febrianto kepada Buol Online saat dikonfirmasi pada 1 Januari 2023.

Baca Juga:
Taufik Abdullah!! Putra Buol Berprestasi, Berjuang Dari Desa Hingga Lulus Cumlaude S2 Trisakti Melalui Beasiswa

Satu Satunya Peraih Predikat Lulus Tanpa Skripsi

Febrianto yang akrab disapa Anto ini resmi meraih predikat lulus tanpa skripsinya pasca yudisium pada tanggal 19 Desember 2022 dengan predikat pujian atau cum laude untuk IPK 3,88 yang berhasil didapatkannya.

Untuk diangkatannya sendiri di Universitas Sam Ratulangi, Febrianto yang rencananya akan menjalani proses wisuda pada 9 Februari 2023 mendatang merupakan satu-satunya mahasiswa yang meraih penghargaan dan apresiasi untuk lulus tanpa skripsi.

“Pada Semester 7 atau angkatan 2019 hanya Saya sendiri yang memperoleh predikat tersebut, sedangkan Teman Tim Saya adalah Mahasiswa Angkatan 2018 yang telah dulu wisuda,” sambung Febrianto.

Baca Juga:
Siska Febriyanty, Duta Parlemen Remaja DPR RI Wakil Sulawesi Tengah Asal SMA Negeri 1 Biau Kabupaten Buol

Alumni SMK Negeri 1 Bokat Kabupaten Buol

Febrianto yang mengambil Jurusan Ilmu Pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Unsrat Sulawesi Utara tersebut tidak disangka ternyata merupakan seorang mahasiswa perantau dari daerah seberang yaitu Kabupaten Buol di Sulawesi Tengah.

Di Kabupaten Buol, Febrianto Arifin sebelumnya menyelesaikan pendidikan menengah tingkat atasnya di SMK Negeri 1 Bokat di Desa Bokat Kecamatan Bokat, di sekolah kejuruan ini Ia mengambil Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton yang jauh bidang studi politik dan pemerintahan yang digelutinya saat ini.

Alasan Febrianto memilih Unsrat sebagai tempat untuk melanjutkan pendidiannya selain karena merupakan kampus terbaik kedua di kawasan indonesia Timur Mahasiswa berusia 21 tahun ini juga mengaku ingin mencari pengalaman dan tantangan baru di daerah perantauan.

Baca Juga:
Etal Douw, Putra Buol Ketua DPC Ikadin Palu Terpilih Periode 2022-2027

Tetap Aktif di Berbagai Organisasi

Tidak hanya berprestasi secara akademik, Febrianto yang sejak masa sekolahnya aktif di organisasi PIKR (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) dan menjadi duta Genre Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 ini juga ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan organisasi mashasiswa di Universitas Sam Ratulangi.

Tidak tanggung-tanggung, selain aktif di beberapa organisasi lainnya, Febrianto juga diketahui aktif di GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Cabang Manado hingga menjadi Ketua Komisariat GMNI Fisip Unsrat serta Ketua Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fisip Unsrat.

“Harapannya mahasiswa lain dapat termotivasi untuk memberikan sumbangsih prestasi bagi Universitas Sam Ratulangi,” ungkap Febrianto di kesempatan berbeda.

“Sejauh ini tidak ada kendala, semua dapat berjalan secara beriringan baik organisasi, maupun akademik,” sambungnya.

Baca Juga:
4 Siswa Buol Wakili Sulteng Di Pentas Pra POPNAS Zona V 2022

Mencari Beasiswa Untuk Melanjutkan Pendidikan S2

Menjelang Wisudanya pada Februari 2023 mendatang, Febrianto mengungkapkan saat ini Ia mulai aktif mencari berbagai peluang pembiayaan untuk meraih cita-citanya dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Secara pribadi saya sangat mengharapkan bantuan Pemerintah Kabupaten Buol untuk dapat membantu memberikan beasiswa S2 (Strata Dua),” ungkap Febrianto.

“Nantinya ilmu yang saya dapatkan apabila diberikan beasiswa oleh Pemerintah Kabupaten Buol akan saya dedikasikan dan saya abdikan kepada daerah tercinta Kabupaten Buol,” jelas Febrianto optimis.

Terakhir, ketika ditanyakan tentang rencananya untuk segera kembali ke Buol, Febrianto meyampaikan harapannya agar dapat segera kembali ke Daerah dengan membawa gelar Strata Duanya nanti.

“Rencana akan balik Buol ketika sudah selesai mengenyam pendidikan S2,” tutup Febrianto.

Baca Juga:
Para Tokoh dan Pejuang Buol, Dari Sultan Pondu Hingga Karim Mbouw

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com, mari bergabung di Grup WhatsApp “buolonline.com”, caranya klik link berikut chat.whatsapp.com/Fmh879BC3ca21UZkH9Wf3X kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @BuolOnline. 

Dapatkan info pilihan kami langsung di ponselmu. Gabung di Grup WhatsApp Buol Online, klik link berikut: chat.whatsapp.com/BuolOnline

Ikuti juga akun media sosial Buol Online dibawah ini:

BERIKAN KOMENTARMU

Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

ARTIKEL TERKAIT