Mengenal Lebih Dekat “Patent Band”, Grup Musik Yang Personelnya Akan Menghibur Warga Buol Di HPN Ke-77

Tim Redaksi Buol Online

Bagikan informasi ini ke:

Bagikan informasi ini ke:

WhatsApp
Telegram
Facebook
mengenal-profil-dan-sejarah-patent-band-grup-musik-asal-kalimantan-yang-lagu-curhat-nya-di-cover-oleh-charlie-vanhouten-st12
mengenal-profil-dan-sejarah-patent-band-grup-musik-asal-kalimantan-yang-lagu-curhat-nya-di-cover-oleh-charlie-vanhouten-st12

Berita Buol – Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-77 pada 9 Februari 2023 mendatang di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, selain akan menyelenggarakan berbagai lomba dan kegiatan sosial, Komunitas Pers Independen Kabupaten Buol (KOPI Buol) sebagai penginisiasi juga akan menghadirkan Iwan Patent Band, salah satu musisi nasional sebagai pengisi acara.

Iwan yang merupakan vokalis dari Patent Band, grup musik yang berhasil menggebrak pasar Indonesia pada medio 2009 silam, akan hadir sebagai bintang utama untuk menghibur warga Buol pada acara puncak gelaran peringatan HPN Ke-77 di Kabupaten Buol.

Profil dan Sejarah Singkat Patent Band

Patent Band adalah Grup Musik yang sempat melejit pada tahun 2009, band asal Nunukan Kalimantan ini terdiri dari 5 orang personel yaitu Wowont (keybordis), Fadly (drummer), Ancy (gitaris), Dedi (bassis) dan Iwan (vokalis).

Terbentuknya Patent Band berawal dari keprihatinan Wowont (keyboardis) dan Iwan (vokalis) terhadap bencana tsunami di Aceh 2004 silam yang menciptakan lagu “Air Mata Tsunami” untuk dibawakan dalam pagelaran musik amal penggalangan dana untuk korban tsunami Aceh.

Baca Juga:
Di Balik Layar Pagelaran Musik Indonesian Drummer Buol Semarak 17-an: Come Back nya Para Musisi Buol!

Tidak disangka pada tahun 2006, lagu yang diciptakan Wowont dan dinyanyikan oleh Iwan ini mendapat perhatian perusahaan rekaman asal Malaysia yaitu Sabah Record. Peluang itupun diseriusi oleh Wowont dan Iwan untuk kontrak band musik selama setahun di negeri jiran tersebut.

Berawal dari momen tersebut terbentuklah formasi awal grup musik ini bersama salah satu mantan gitaris Alm. Naldy yang kemudian digantikan oleh Ancy, selanjutnya dipilih juga nama Patent Band sebagai nama grup musik mereka yang artinya ‘bagus’ atau ‘top’.

Album Pertama Dirilis Di Malaysia

album-patent-band-grup-musik-asal-kalimantan-yang-lagu-curhat-nya-di-cover-oleh-charlie-vanhouten-st12

Di bawah Sabah Record Malaysia, Patent Band mengeluarkan album pertama mereka, Album dengan judul ‘Lepaskan’ ini berisi 10 lagu, dengan salah satu single hits-nya yang berjudul ‘Tunon Taka’.

Setelah malang melintang hampir selama tiga tahun di wilayah Kalimantan, grup band ini memutuskan untuk hijrah ke Jakarta mengejar mimpi mereka menjadi grup band yang musiknya dapat dikenal secara luas di blantika musik Indonesia.

Baca Juga:
Pj. Bupati Buol, Ajak Pers Untuk Kenalkan Buol Kepada Masyarakat Indonesia

“Pada tahun 2009 kami ditawari oleh perusahan label ternama Nagaswara di bawah naungannya MCM Production,” jelas salah satu personel band ini dalam sebuah wawancara bersama Prokaltara.

Dimana saat itu, Patent Band langsung merilis album bertajuk ‘Curhat’ yang merupakan album kedua mereka dengan sasaran pasar dalam negeri namun tetap bergenre pop romantic melayu. Dalam album kedua ini, total ada 11 buah lagu.

Dua diantara lagu dalam Album kedua  kemudian ini menjadi hits single, yaitu Curhat dan Zubaidah dengan catatan rekor ringbacktones (RBT) sebanyak 80 ribu langganan. Melalui album ini pula, Patent Band menghasilkan prestasi tur sebanyak 40 kota di seluruh Indonesia.

Kabar Patent Band Saat Ini

penampilan-patent-band-di-acara-mantap-antv-grup-musik-asal-kalimantan-yang-lagu-curhat-nya-di-cover-oleh-charlie-vanhouten-st12

Pasca sukses dengan album kedua mereka, berbagai kabar tentang Patent Band perlahan mulai meredup, namun hal ini ternyata bukan berarti grup musik asal Kalimantan tersebut telah bubar.

Saat ini semua personel Patent Band telah kembali ke daerah masing-masing dan menjalani berbagai kesibukannya, karena kesibukan itulah menurutWowon via Prokaltara yang membuat Patent Band belum segera mengeluarkan album terbaru.

Baca Juga:
Rapat Persiapan: Perayaan HPN Buol 2023 Bakal Dimeriahkan Banyak Kegiatan, Ini Daftarnya!

Tapi, lanjut Wowont perlahan tapi pasti Patent Band sedang mengumpulkan materi lagu untuk album ketiga dan tidak ingin terburu-buru, terlebih diungkapnya, personel tersebut berasal dari daerah yang berbeda dan sebagain telah berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Ada yang di Nunukan, Sebuku, Malinau dan Tarakan,” imbuhnya.

Lagu Patent Band Dipopulerkan Kembali oleh Charly Vanhoutten

Mulai jarang terdengar, lagu Curhat milik Patent Band tiba-tiba kembali viral. Hanya saja kali ini, melejitnya lagu tersebut bukan dinyanyikan langsung oleh group band asal Nunukan ini, melainkan oleh Charly Vanhoutten, eks vokalis grup band ST12.

Hits single yang mulai dipublikasikan pada September 2010 oleh Patent Band itu saat ini melalui kanal youtube milik Charly Vanhouten di CRLVHT57, telah ditonton sebanyak 154.034 kali dengan 4,3 ribu like dan 998 komentar per 22 Januari 2023

Baca Juga:
Peringatan HPN Ke-77 di Buol Akan Dimeriahkan Musisi Lokal dan Personel Patent Band

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com, mari bergabung di Grup WhatsApp “buolonline.com”, caranya klik link berikut chat.whatsapp.com/Fmh879BC3ca21UZkH9Wf3X kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @BuolOnline. 

Dapatkan info pilihan kami langsung di ponselmu. Gabung di Grup WhatsApp Buol Online, klik link berikut: chat.whatsapp.com/BuolOnline

Ikuti juga akun media sosial Buol Online dibawah ini:

BERIKAN KOMENTARMU

Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

ARTIKEL TERKAIT