...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Mila “MikeIndiaLima2” Mentemas, Putri Buol Penulis Switchover Yang Filmnya Segera Tayang

Switchover, bermula dari cerita online di Wattpad, terbit sebagai novel, hingga akhirnya diadaptasi secara visual menjadi sebuah web series berjudul serupa. Siapa sangka, sosok penulis Switchover ternyata adalah seorang putri daerah Buol.

Nama pena “MikeIndiaLima2” atau yang akrab disapa Mill dikenal sebagai salah satu penulis yang eksis di dunia Wattpad. Hingga saat artikel ini ditulis, ia telah menelurkan 6 karya dengan jutaan pembaca di akun Wattpadnya, @Mikeindialima2.

Di antara 6 karya tersebut, Switchover adalah judul yang sukses melambungkan namanya sebagai penulis. Kali ini, Buol Online secara eksklusif berkesempatan untuk berbincang-bincang bersama Mila, penulis novel Switchover yang akan segera tayang sebagai series mulai Januari 2023 ini.

Profil Mila, Putri Pogogul yang Sukses Menjadi Novelis Muda

mila-mikeindialima2-mentemas-putri-buol-penulis-switchover-yang-film-web-series-segera-tayang

Sosok penulis Switchover yang bernama pena MikeIndiaLima2 ini adalah Siti Jamila Mentemas, atau biasa akrab disapa dengan nama Mila. Saat ini, Mila baru saja menyelesaikan studinya sebagai mahasiswa jurusan bahasa Inggris di UAD Yogyakarta.

“Sejak SD sampai SMA, saya aktif di kegiatan Pramuka, dan salah satu ilmunya adalah Alfabet Internasional. MikeIndiaLima2 adalah rangkaian nama MILL jika disusun menggunakan Alfabet Internasional.”

“Kalau disusun jadinya (M)ike(I)ndia(L)ima, dan angka 2 menunjukkan kalau huruf L-nya double. Jadi, tidak ada jawaban filosofis terkait pertanyaan ini, hehe.” Ungkapnya ketika ditanya tentang makna nama pena.

Mila lahir di Bokat, 23 Oktober 1998 dan menghabiskan masa kecil serta awal masa remajanya di Bokat, Kabupaten Buol. Lulus SMP, penulis penyuka warna abu-abu ini kemudian merantau ke Gorontalo untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA.

Setelah menghabiskan masa remaja di Gorontalo, Mila kembali melanglang buana ke Kampung Inggris Pare. Kemudian, ia akhirnya memilih Jogja, Kota Pelajar sebagai tempat menempuh pendidikan S1-nya.

Perjalanan Mila, Penulis Switchover, dalam Meniti Karir sebagai Novelis

Mila meniti karir sebagai penulis novel melalui Wattpad, platform menulis online yang populer di kalangan anak muda. Ia mulai aktif menulis sejak tahun 2016 saat masih menginjak bangku SMA, dengan karya pertama berjudul Bad and Good.

Saat ditanya tentang alasan dan motivasi awal memulai karir menulis, Mila menjawab sambil bercerita. “SMA adalah masa terberat saya. Apalagi di kelas 10, ketika saya pertama kali pindah dari Buol ke Gorontalo untuk menuntut ilmu, tinggal terpisah dari orang tua dan teman-teman beken saya”

“Saat itu, satu-satunya yang saya miliki adalah saudara perempuan saya. Tapi dia bahkan tidak tahu apa yang saya alami di sekolah. Saya tipe siswa yang duduk di sudut bersama orang-orang yang kurang dapat perhatian dari guru,” lanjutnya.

“Saya tidak pintar dan bahasa Inggris saya yang terjelek pada saat itu. Saya juga dikasih uang pas-pasan untuk membeli roti di kantin. Hal yang paling saya ingat adalah dibully oleh salah satu anak laki-laki di kelas, dia melihat saya sebagai benalu.”

Bahkan dulu, hanya karena kami memakai baju dengan warna yang sama, dia cepat-cepat menggantinya karena tidak ingin terlihat memakai baju yang warnanya sama dengan si nerd ini. Tapi saya mulai mengubah diri saya ketika kelas 11. Saya bertemu orang-orang baik di kelas, dan teman sekelas saya memperkenalkan saya dengan Wattpad untuk pertama kalinya,” ungkap Mila.

Setelah Bad and Good sukses dibaca sebanyak 4 juta kali di Wattpad, Mila kembali berkarya dengan menerbitkan Switchover. Tak tanggung-tanggung, Switchover berhasil dibaca sebanyak 26,6 juta kali di Wattpad, dilirik penerbit dan diterbitkan sebagai novel, hingga akhirnya diadaptasi sebagai web series oleh Screenplay Films.

“Setelah bertemu dunia Wattpad, saya mulai menulis di laptop kakak saya karena merasa tidak ada lagi yang bisa dibanggakan. Menulis adalah satu-satunya keterampilan yang saya miliki. Dan saat itu, meskipun saya tahu itu tidak mungkin, saya masih berharap suatu saat buku saya bisa diterbitkan di Gramedia dan difilmkan. Dan pada akhirnya impian itu terwujud,” ucapnya.

Sekarang, novelis muda penulis Switchover ini sedang sibuk bekerja sebagai Editor Novel di salah satu platform baca online di Jakarta. Saat ditanya tentang rencananya ke depan, ia menjawab singkat.

“Saya berharap bisa membaca banyak buku, menulis dan menyelesaikan banyak cerita sehingga pembaca-pembaca saya selalu senang. Saya juga berharap bisa merasakan menulis cerita dengan genre yang lebih beragam, tidak hanya berfokus pada cerita romantis”.

Pesan Mila untuk Putra-Putri Buol

series switchover

Saat ditanya tentang bagaimana kisah perjalanannya meniti karir sebagai penulis, Mila menjawab lugas. “Dukanya mungkin saya harus belajar dari 0, karena saya tidak memiliki background keluarga yang berkutat di bidang sastra. Selain itu, saya juga harus banyak promosi untuk cerita-cerita saya karena dulu saya tidak memiliki pembaca sama sekali.”

“Saya juga beberapa kali mendapatkan kritikan pedas di Wattpad karena cerita saya tidak cocok bagi sebagian orang. Tetapi dari semua itu, saya juga mendapatkan banyak pengalaman baik. Mulai dari kenalan dengan banyak penulis keren, dicintai banyak pembaca, mendapatkan banyak hadiah dan dukungan, dan yang tak kalah penting pengalaman ketika buku saya diterbitkan di Gramedia kemudian diadaptasi sebagai Vidio Original Series.”

Mila juga mengaku sering mengalami writer’s block. Untuk mengatasinya, ia biasa beristirahat sejenak, refreshing. Sebab saat buntu, susah untuk berpikir. “Biasanya setelah istirahat beberapa hari, inspirasi menulisnya datang lagi, dan saya lanjut menulis lagi,” ucap Mila.

Sebagai inspirasi bagi putra putri Buol lainnya yang ingin menekuni karir sebagai penulis, Mila memberikan beberapa pesan.

“Menulis bukanlah bakat yang dibawa sejak lahir. Menulis bisa dilatih dan dipelajari. Tidak ada satu manusiapun yang lahir di dunia bisa langsung menciptakan diksi yang sempurna. Jadi, jika teman-teman punya impian untuk menjadi seorang penulis, jangan takut untuk mencoba.”

“Meskipun kita tidak memiliki pembaca, itu adalah pengalaman dan proses dalam mencapai tujuan. Tanamkan dalam benak bahwa menulis adalah untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain. Pembaca hanyalah bonus ketika kita bisa mencintai karya kita sendiri”, demikian pesannya.

Kapan Switchover Tayang?

Switchover adalah buku pertama dari tetralogi “The Over Series”, yang terdiri atas Switchover, Crossover, Thunder, dan It’s Over yang masih dalam proses penulisan. Kabar baiknya, Switchover dapat segera dinikmati secara visual melalui web series.

Secara garis besar, series Switchover mengisahkan tentang Anna, seorang gadis yang mengalami perubahan (switch) kepribadian untuk menyelidiki suatu misteri. Ceritanya melibatkan konflik remaja dan romantisme dengan sentuhan unsur aksi dan misteri.

Untuk mendukung Mila, putri buol sekaligus novelis muda penulis Switchover, series ini bisa ditonton mulai 7 Januari nanti. “Jangan lupa nonton series Switchover tanggal 7 Januari hanya di Vidio. Ingat, jangan nonton bajakan! Love you all <3” ucap Mila, mengakhiri sesi wawancara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

buolonline
Platform informasi dan berita seputar Kabupaten Buol, Kabupatan Tolitoli, dan sekitarnya.
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.