...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Open BO (Bincang Online) Buol Online Eps 3 – Mila Mentemas

Masih ingat Siti Jamila Mentemas, penulis asal Buol bernama pena Mikeindialima2 yang akrab disapa Mila? Kali ini, Buol Online kembali berkesempatan untuk berbincang bersama Mila secara langsung di konten Bincang Online terbuka (Open BO), di youtube Buol Online.

Ingin tahu, topik apa saja yang dibicarakan? Simak ulasannya berikut ini.

Latar Belakang Mila

Lahir di desa Bokat, Kabupaten Buol, Mila bercerita tentang latar belakang keluarga dan kisah masa kecilnya. Ternyata, sosok penulis series Switchover ini sudah mulai senang menulis sejak kecil, diawali dengan saling berbalas surat bersama sahabat pena dan kegemarannya menulis quotes.

Pengalaman Merantau Sejak Kecil

Mulai dari Buol, ke Gorontalo, Kampung Inggris Pare, Yogyakarta, hingga kini hidup di Jakarta, Mila ternyata sudah terbiasa merantau sejak kecil. Sejak SMP, Mila sudah hidup terpisah bersama orang tua untuk menempuh pendidikan di luar Buol. Hal ini juga ikut mempengaruhi perspektif dan perjalanan hidupnya hingga berhasil menjadi Mila yang sekarang.

Awal Mula Jadi Penulis

Salah satu kesulitan yang dialami Mila saat merantau adalah beradaptasi dengan kultur yang baru. Hal tersebut membuatnya sempat dibully oleh salah satu ‘teman’ di masa SMA dulu. Namun, hal itu pula yang kemudian menjadi motivasi Mila untuk bangkit, dan mulai senang menuangkan perasaannya melalui tulisan di salah satu platform menulis, yaitu Wattpad.

Perjuangan Mila Menerbitkan Buku

Sebelum berhasil diadaptasi sebagai series, perjuangan Mila menulis kisah Switchover terbilang tidak mudah. Ia harus mempromosikan sendiri ceritanya ke komunitas Wattpad, bahkan sempat melakukan promosi berbayar. Setelah pembacanya semakin ramai, Mila juga sempat berpikir untuk melakukan self publishing, namun akhirnya Switchover berhasil dilirik penerbit.

Penulis dan Buku Kesukaan

Melalui sesi off camera, pemilik akun instagram @mikeindialima2 ini juga membeberkan sosok penulis idolanya di dunia sastra, yaitu Johanna Lindsey dan Anna Todd. Sedangkan untuk penulis dalam negeri, salah satu favoritnya adalah Tere Liye, sebab genre tulisannya lebih bervariasi dan tidak mentok di satu genre saja.

Terkait genre bacaan, ia mengaku lebih menyukai sastra pop dan novel terjemahan seperti Twilight, All The Bright Places, After, dan karya-karya romance dari Johanna Lindsey. Bisa dibilang, hal tersebut ikut mempengaruhi gaya berceritanya di novel Switchover yang mengadaptasi gaya penulisan khas novel terjemahan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Buolgarians bisa menyimak video wawancara lengkap Mila di konten Open BO (Bincang Online), hanya di Youtube Buol Online.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

Wisryanto Mai
Pemimpin Redaksi
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.