Sakralnya 12 Prosesi Adat Menemani Pemuda Matinan Menikahi Putri Raja Buol

Redaktur Pelaksana (Editor)

Bagikan informasi ini ke:

Bagikan informasi ini ke:

WhatsApp
Telegram
Facebook
Suasana Lamaran Putri Raja Buol, di Istana Raja, Kamis (19/04/2024).(Foto : Fikri/Buolonline.com)
Suasana Lamaran Putri Raja Buol, di Istana Raja, Kamis (19/04/2024).(Foto : Fikri/Buolonline.com)

BUOL,BUOLONLINE.COM – Istana Kerajaan Buol menjadi saksi bisu prosesi lamaran adat yang digelar keluarga Abas Suleman dari Desa Matinan, Kecamatan Gadung. Mereka melamar Sriayudian Ningrum S. Turungku putri semata wayang Raja Buol Mohammad Safri Turungku. Prosesi adat yang memenuhi tata cara kerajaan ini berlangsung pada Kamis (19/4) malam.

Menurut Dewan Adat Nurhayati Pagisih selaku penanggung jawab tradisi, proses lamaran diawali dengan Mobuyae, tahapan pembicaraan awal antara kedua keluarga terkait rencana lamaran. “Setelah itu, kami memasuki Molyako Nikah, di mana hal-hal seperti mahar dan tanggal pernikahan dirundingkan,” jelasnya.

Acara istimewa ini tidak hanya menjadi momen spesial bagi Sriayudian Ningrum tetapi juga kesempatan bagi Mohamad Ikbal, sang pemuda Matinan, untuk mempersunting anak dari Raja Buol ini. Prosesi sakral tersebut dihadiri oleh kedua keluarga calon mempelai.

“Tradisi seperti ini menjadi bagian penting dalam melestarikan adat istiadat Kerajaan Buol. Kami berharap pasangan ini dapat membina rumah tangga yang bahagia dan selalu menghormati budaya leluhur,” tutur Nurhayati.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan khidmat dan di balut dalam nilai-nilai luhur budaya Buol, menambah semarak perhelatan istana di tanah Pogogul.

Diketahui, dalam proses pernikahan, kedua calon pengantin akan melalui 12 tahapan prosesi adat, yaitu Mobuyae/Monguyokap, Molyako Nikah, Motanduan, Mopopake Bore, Mongoyondigi, Motari Bongo, Momaca Nikah, Modovu Unggag, Mopopake Samada, Payaganon, Mopoayom, dan Keselamatan.

Reporter : Fikri Tatengkeng

Dapatkan info pilihan kami langsung di ponselmu. Gabung di Grup WhatsApp Buol Online, klik link berikut: chat.whatsapp.com/BuolOnline

Ikuti juga akun media sosial Buol Online dibawah ini:

BERIKAN KOMENTARMU

Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

ARTIKEL TERKAIT