...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

IBI Buol Sulteng Tingkatkan Kompetensi Bidan Melalui Midwifery Update

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Buol melakukan pelatihan kompetensi Midwifery Update di Hotel Surya Wisata Kabupaten Buol
Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Buol melakukan pelatihan kompetensi Midwifery Update di Hotel Surya Wisata Kabupaten Buol (Foto: Diskominfo Buol)

Pengurus Cabang Organisasi Profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Buol melakukan pelatihan peningkatan kompetensi bertajuk Midwifery Update yang dilaksakan pada Jumat, 14 Juli 2023 bertempat di hotel surya wisata pada 14/07/2023.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu 16 Juni 2023 ini diikuti oleh 43 orang petugas bidan sebagai peserta, para bidan ini berasal dari beberapa puskesmas, rumah sakit dan klinik yang tersebar di Kabupaten Buol.

Upaya IBI Buol Untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Menurut Ketua IBI Cabang Buol Yuniarti Turungku S.Tr.Keb. kegiatan ini dilakukan salah satunya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi (AKI/AKB) dengan asuhan kebidanan yang berkesinambungan.

“Salah satu upaya untuk mendapatkan SDM yang berkualitas yaitu dengan mengikuti pendidikan yang berkelanjutan, pelatihan-pelatihan yang terkait dengan peningkatan mutu profesi, sehingga pelayanan kebidanan yang diberikan lebih berkualitas,” jelas Yuniarti.

Selain itu kegiatan Midwifery Update ini juga dilakukan untuk mengupdate ilmu-ilmu kebidanan yang terbaru, agar seluruh bidan tetap kompeten dan profesional sehingga dapat memberikan pelayanan berkualitas terhadap kesehatan ibu dan bayi ditempat tugas masing-masing.

Apresiasi Pemerintah Daerah Buol

Mewakili Pemerintah Kabupaten Buol, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Hadijah Abdurahman S.ST. M.Kes. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi pelaksanaan Midwifery Update yang dilaksanakan oleh IBI Kabupaten Buol.

“Secara pribadi maupun dari Pemerintah Kabupaten Buol dalam hal ini Dinas Kesehatan sangat mengapresiasi karena kita tahu bahwa Bidan itu harus me-refresh apa pun yang ada, baik itu ilmu pengetahuan, keterampilan maupun kemampuan yang sudah ada,” terang Hadijah.

Menurutnya IBI sebagai satu-satunya wadah organisasi Bidan di Indonesia harus berupaya menjaga mutu dan meningkatkan keterampilan dan kompetensi Anggotanya.

“Karena seorang bidan dalam menjalankan tugasnya bulan hanya mengandalkan keberanian melainkan harus memiliki kompetensi,” sambung Kabid Kesmas Dinkes-PPKB Buol ini.

Pembicara dan Pemateri Midwifery Update Buol

Pelatihan ini menghadirkan berbagai narasumber penting antara lain, Ketua IBI Provinsi Sulteng Euis SKM. M.Kes , Liswar, S.ST., dr. Yurike Nelwan, Sp.A., Sriyuningsih S.Tr.Keb, Yuniarti Turungku S.Tr.Keb, dr. Hartono Madong, Sp.OG. M.Kes, Riana Lahinta, SKM., dan Aisa Basiroh, S.Tr.Keb.

Dalam kesempatan tersebut Ketua IBI Provinsi Sulawesi Tengah Euis Bianca, SKM. M.Kes. yang hadir secara daring menjelaskan tentang bagaimana pentingnya wawasan dan kompetensi seotang bidan untuk memenuhi standar global saat ini.

“Bidan membutuhkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang selalu update serta mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEK kebijakan terbaru,” terang Euis Bianca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

Wisryanto Mai
Pemimpin Redaksi
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.