Konflik Horizontal Akibat Lahan Sawit di Buol, LBH Pogogul Justice Surati Hartati Murdaya

Reporter Kabupaten Buol

Bagikan informasi ini ke:

Bagikan informasi ini ke:

WhatsApp
Telegram
Facebook
Massa FPPB saat aksi menuntut pertanggungjawaban Pemerintah Buol dan PT. HIP di Deoan Kantor Bupati Buol Rabu 15 Mei 2024 (Foto: Rudianto)
Massa FPPB saat aksi menuntut pertanggungjawaban Pemerintah Buol dan PT. HIP di Deoan Kantor Bupati Buol Rabu 15 Mei 2024 (Foto: Rudianto)

BUOLONLINE.com, BUOL Buntut bentrok horizontal antara petani pemilik lahan plasma dan buruh perusahaan sawit pada Jum’at lalu (10/5/2024), FPPB menggelar aksi menuntut pertanggungjawaban Pemerintah Buol dan PT. HIP (Hardaya Inti Plantation) dalam menyelesaikan masalah kemitraan.

Aksi yang berlangsung pada Rabu (15/5/2024) di kompleks Kantor Bupati Buol tersebut diterima oleh Asisten 3 Administrasi Umum Setda Buol dan Wakapolres yang dilanjutkan dengan rapat bersama para petani plasma.

Saat menerima massa aksi, Lani Irawati Saleh, Asisten 3 Administrasi umum menyampaikan Aspirasi para petani pemilik lahan sawit ini kemudian akan diteruskan kepada Pj. Bupati Buol sebagai Kepala Daerah untuk dicarikan solusi terbaik segera.

Baca Juga:   Tegas, Anggota DPRD Buol Bantah Terima Gratifikasi Terkait Polemik Plasma Sawit

“Karena memang ini perlu adanya penyelesaian dari masalah yang terjadi saat ini Antara petani pemilik lahan dan juga Pihak PT. HIP,” terang Lani Irawati.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pogogul Justice, Budianto Eldist yang mendampingi langsung para petani sawit saat aksi secara tegas meminta pihak-pihak terkait segera mencarikan solusi agar tidak terjadi konflik horizontal atar warga.

Baca Juga:   Pasca Ricuh Warga dan Buruh Sawit, Polres Buol Lakukan Patroli Dialogis

“Kami tidak bisa lepas tangan untuk membiarkan Bapak Ibu berjuang sendiri mencari keadilan, kami juga sudah sampaikan bahwa keinginan kita adalah untuk bermusyawarah dengan pihak PT. HIP mencari solusi terbaik,” ujar Budianto.

Sebagai pendamping hukum para Petani, Budianto sebelumnya juga telah mengirim legal notice kepada pemilik saham PT. HIP, untuk menyelesaikan masalah tersebut ditingkat manajemen.

“Kami layangkan surat kepada Ibu Hartati Murdaya sebagai pemilik PT. HIP, jangan sampai ada pelanggaran disini yang tidak diketahui oleh mereka sebagai pemilik saham,” sambung direktur LBH-PJ ini.

Baca Juga:   Siaran Pers DPRD Buol: Bantah Tudingan Skandal Suap dan Akan Tindak Lanjut Peredaran Berita HOAX

“Masyarakat mengharapkan kerjasama yang baik dari pemerintah daerah agar kedepannya tidak lagi tercipta konflik horizontal yang dapat merugikan banyak pihak,” tutupnya.

Dapatkan info pilihan kami langsung di ponselmu. Gabung di Grup WhatsApp Buol Online, klik link berikut: chat.whatsapp.com/BuolOnline

Ikuti juga akun media sosial Buol Online dibawah ini:

BERIKAN KOMENTARMU

Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

ARTIKEL TERKAIT