...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Lomba Desa Tingkat Provinsi: Merasa Dibohongi Panitia, Warga Jatimulya Buol Kecewa

Pemerintah Desa Jatimulya Kecamatan Tiloan Kabupaten Buol merasa dicurangi oleh panitia Lomba Desa Tingkat Sulawesi Tengah Tahun 2023
Pemerintah Desa Jatimulya Kecamatan Tiloan Kabupaten Buol merasa dicurangi oleh panitia Lomba Desa Tingkat Sulawesi Tengah Tahun 2023 (Foto: Suara Utara)

BUOL – Mewakili Kabupaten Buol dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2023 yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sulawesi Tengah, Pemerintah dan masyarakat Desa Jatimulya di Kecamatan Tiloan Kabupaten Buol mengungkapkan kekecewaannya, Pemerintah Desa merasa dibohongi oleh Panitia terkait hasil penilaian dan pengumuman pemenang.

Hal ini karena mengingat begitu antusiasnya masyarakat Desa Jatimulya dalam mengikuti lomba desa tingkat Provinsi tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan selama sekitar 2 Bulan terakhir, namun belakangan dikeetahui harapan mereka untuk menjadi juara dirasa hanya harapan kosong.

Pemenang Lomba Desa Diduga Sudah Ditentukan Sebelumnya

Masalah ini memuncak saat Panitia Penilai dari Provinsi mendatangi Desa Jatimulya sebagai proses penilaian lomba pada Rabu 12 juli 2023, dalam acara yang dipusatkan di Balai desa Jatimulya ini Kepala Desa (Kades) Jatimulya Lamasse dalam sambutannya secara mengejutkan meminta kepada panitia untuk menghentikan proses penilaian karena kompetisi tersebut dirasa sudah tidak sesuai prosedur.

Dimana menurut Lamasse, Pemenang Lomba ini telah ditentukan jauh-jauh hari sebelumnya berdasarkan SK Gubernur Sulawesi Tengah pada tanggal 03 Juli 2023 Nomor 400.10.1/116/DIS.PMD/2023 tentang Penetapan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 yang ditandatangani Sekretaris Daerah Novalina

Masyarakat Desa Jatimulya dan para undangan yang hadir cukup terkejut akibat pernyataan tersebut, meski demikian proses kegiatan tetap dilanjutkan dan berjalan sebagaimana mestinya serta pihak panitia telah memohon maaf atas kejadian ini.

“Dengan melihat apa yang telah terjadi maka dengan segala kerendahan hati Izinkan kami selaku Pemdes Jatimulya sebagai objek penilaian Lomba Desa meminta kepada Tim penilai agar kiranya segala proses dan tahapan kegiatan Lomba Desa dapat dihentikan demi kehormatan kami sebagai Masyarakat Kabupaten Buol,” ungkap Lamasse.

”Kami menilai bahwa proses dan tahapan penilaian Lomba Desa telah jauh dari mekanisme dan prosedur, maka dengan tidak mengurangi rasa hormat sekali lagi kami memohon agar semua tahapan dapat dihentikan,” sambung Kepala Desa Jatimulya.

Desa Bombanon Banggai Raya Pemenang Lomba Desa Sulteng 2023

Melansir laporan Banggai Raya, berdasar SK tersebut telah ditentukan Desa Bombanon di Kabupaten Banggai Raya sebagai pemenang Lomba Desa Tahun 2023 dengan poin 521, disusul juara dua oleh Desa Lembontotonara dengan poin 505 dan Desa Kendek di Banggai Laut dengan Poin 499 sebagai juara tiga.

Selanjutnya, menempati juara empat ada Desa Alakasing Kabupaten Banggai Kepulauan dengan skor 450, dan terakhir juara lima atau juara harapan dua dengan poin 448 di raih oleh Desa Dampal Selatan Kecamatan Tampiala, Kabupaten Tolitoli.

Atas torehan ini Desa Bombanon telah dipastikan sebagai pemenang dan berhak mewakili Provinsi Sulawesi Tengah diajang Lomba Desa Tingkat Nasional nantinya.

Terkait peristiwa ini, upaya konfirmasi dilakukan Buol Online kepada BPMD Sulteng, namun belum berhasil hingga berita ini di rilis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

Wisryanto Mai
Pemimpin Redaksi
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.