...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Penerbangan Bandara Pogogul Buol Masih Kosong, Ini Penyebabnya!

Dinas Perhubungan Buol ungkap tidak adanya penerbangan Palu Buol di bandara pogogul karena tingginya harga tiket pesawat pasca pandemi Covid
Dinas Perhubungan Buol ungkap tidak adanya penerbangan Palu Buol di bandara pogogul karena tingginya harga tiket pesawat pasca pandemi Covid-19 (Foto: RRI)

Buol – Pasca pandemi Covid-19, khususnya lebih dari setahun terakhir Bandara Udara Pogogul Ir. Abd. Karim Mbouw di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah tidak lagi sesibuk sebelumnya, pasalnya Bandara kebanggaan masyarakat Buol ini saat ini belum melayani penerbangan dari Buol ke Palu ataupun sebaliknya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buol Moh. Yamin Rahim, SH. MH ketika diminta konfirmasinya pada Sabtu 15 Juli 2023 menjelaskan, ketiadaan pelayanan penerbangan dari dan ke Buol utamanya karena naiknya harga tiket pesawat.

Pemda Buol Akan Subsidi Alokasi Tiket Pesawat

Dari yang sebelumnya Harga tiket pesawat di Bandara Buol biasanya berkisar Rp. 700.000, pasca Pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir naik hingga menjadi menembus angka Rp.1.500.000. Akibatnya, animo masyarakat untuk menggunakan jasa penerbangan menurun dan pihak maskapai memberhentikan sementara jadwal penerbangan sebelumnya.

Demi menyikapi persoalan tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Buol saat ini tengah membangun komunikasi dengan pihak maskapai untuk melakukan subsidi alokasi jumlah penumpang, dimana untuk bisa melakukan satu kali penerbangan pergi pulang (PP) maskapai meminta subsidi 60 seat (kursi) atau 30 pergi dan 30 pulang, sementara untuk Pemda sendiri meminta batas maksimal hanya 50 seat.

Bandara Buol Ketambahan Rute Pesawat Baru

Menurut Yamin Rahim, penjadwalan kembali rute penerbangan dari dan ke Buol nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat Buol dengan sebaik-baiknya seperti sebelum Pandemi Covid-19.

“Saya berharap upaya Pemda untuk ada kembali pelayanan penerbangan dari dan ke Buol dapat didukung semua pihak, salah satunya dengan menggunakan jasa transportasi udara sehingga kontinuitas penerbangan dari (dan) ke Buol akan tetap terjaga,” imbuh Yamin Rahim.

Lebih lanjut, kedepannya diungkap oleh Kepala Dinas Perhubungan Buol ini, melihat strategisnya penerbangan Buol-Palu seiring masuknya investor ke Buol, menurutnya dijadwalkan nantinya selain pesawat wings ATR 72 pada akhir tahun ini Bandara Pogogul Buol juga akan dilayani oleh pesawat jenis perintis Caravan dengan 12 penumpang.

?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

Wisryanto Mai
Pemimpin Redaksi
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.