...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Siswa Di Buol Tertelan Jarum Pentul Saat Pakai Jilbab, Begini Cara Pertolongannya Menurut Dokter

Eka Aprilia Kanoli Siswi SMP Negeri 1 Biau di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah dilarikan ke Rumah Sakit usai tidak sengaja menelan jarum pentul
Eka Aprilia Kanoli Siswi SMP Negeri 1 Biau di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah dilarikan ke Rumah Sakit usai tidak sengaja menelan jarum pentul (Foto: Ratbia S. Abdullah)

Buol – Eka Aprilia Kanoli, Siswi SMP Negeri 1 Biau di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah pada Senin 10 Juli 2023 siang terpaksa harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Mokoyulri usai secara tidak sengaja menelan jarum pentul.

Ratbia S. Abdullah, kerabat dari Eka menuturkan peristiwa tersebut terjadi pagi sekitar pukul 10.00 menjelang siang hari, saat itu korban yang sedang bersama temannya hendak memperbaiki posisi jilbab dan secara tidak sengaja jarum pentul yang digunakan tertelan.

Akibat Menjepit Jarum Pentul Di Bibir

Berdasarkan informasi yang dihimpun Buol Online, saat itu Eka menjepit jarum pentul tersebut di bibirnya sembari kedua tangannya memegang jilbab, namun naasnya Eka tersenggol oleh seorang temannya hingga jarum lepas dan tertelan.

“Dia cabut jarum pentul karena Dia mau perbaiki jilbabnya, jadi dia taruh di mulut terus ada teman yang tidak sengaja senggol dia, makanya ketelan,” demikian dijelaskan oleh Linda, salah satu kerabat korban yang anaknya juga merupakan rekan Eka di sekolah.

Jarum Berhasil Keluar Tanpa Operasi

Setelah diobservasi dan mendapat pertolongan pertama tenaga kesehatan di RSUD Mokoyulri, pada Selasa (11/07) berdasarkan hasil rontgen, jarum pentul yang masuk kedalam tubuh Eka telah berada di usus besar dan kemungkinan akan segera keluar bersama feses atau kotoran.

“Alhamdulillah, sujud syukur ya Allah berkat doa semua saudara, akhirnya keluar bersama kotorannya kasihan jarum pentul, jarum pentul yang warnanya merah sudah berubah menjadi putih dan berkarat,” ungkap Ratbia tiga hari kemudian pada Rabu, 12 Juli 2023.

Solusi Mengatasi Tertelan Jarum Pentul Menurut Dokter

Lantas apa yang harus dilakukan jika kasus jarum pentul tertelan ini menimpa kita atau keluarga? dr. Anthony Maleachi ketika ditanyakan tentang persoalan ini meminta agar masyarakat tidak panik dan segera mencari pertolongan pertama ke rumah sakit secepatnya.

Hal ini karena benda asing tersebut dapat menyebabkan infeksi dan komplikasi lebih lanjut jika tidak ditangani dengan cepat dan sesuai prosedur.

“Pada kasus Anda tertelan jarum pentul merupakan sesuatu yang harus segera di atasi, karena jarum pentul merupakan benda tajam yang dapat melukai saluran pencernaan bagian dalam. Jika tidak segera diatasi dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi,” terang dr. Anthony saat dimintai konsultasinya secara online.

“Apabila tidak terdapat perubahan dalam 3 hari berturut-turut, tindakan operasi dapat dipertimbangkan, dan diharapkan benda asing tersebut dapat keluar sebagai tinja tanpa adanya kondisi medis tertentu,” tutup Dokter yang tergabung dalam Tim Alodokter tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

Wisryanto Mai
Pemimpin Redaksi
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.