...
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca
Iklan - Scroll ke bawah untuk lanjut membaca

Mengenal Rusdy Mastura, Sosok Politisi Tulen

Rusdy Mastura, atau Cudy, adalah mantan wali kota Palu dua periode. Ia terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam pilkada 2020
Rusdy Mastura, atau Cudy, adalah mantan wali kota Palu dua periode. Ia terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam pilkada 2020 (Foto: Pemprov Sulteng)

H. Rusdy Mastura, atau yang biasa akrab disapa Cudy, adalah mantan wali kota Palu dua periode. Pada usianya yang lebih dari 70 tahun, ia terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam pilkada serentak yang digelar pada Desember 2020, Rusdy Mastura bisa menjadi salah satu perwujudan seorang politisi tulen.

25 Tahun Berpolitik

Karir partai politik Rusdy dimulai ketika Ia menjadi Anggota DPRD Provinsi Sulteng tahun 1999, selanjutnya ketika menjabat sebagai Wali Kota Palu, Rusdy dikenal sebagai salah petinggi Partai Golkar Sulteng hingga saat Ia mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulteng di Pilkada 2020, ia berpindah partai dan menjadi kader Partai Nasdem.

Saat ini Rusdy Mastura mengemban tugas sebagai Gubernur Sulteng setelah diambil sumpah jabatan di Jakarta pada 16 Juni 2021. Pelantikan Rusdy dan wakilnya digelar berdasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 81/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Setelah pelantikan, Cudy menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan masyarakat kepada dirinya. Ia mengatakan akan menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, terutama berkaitan dengan penyelesaian pandemi Covid-19 saat itu serta penanganan bencana, hingga menurunkan angka kemiskinan di Sulawesi Tengah.

Rusdy Mastura Putra Kaili

Rusdi Mastura yang lahir di Kota Palu pada 8 Februari 1950 adalah anak dari seorang ibu yang berasal dari suku Kaili di Sulawesi Tengah, kemudian sang ayah yang berlatar belakang politisi Masyumi bisa jadi sedikit banyak membawa pengaruh terhadap karir politiknya di kemudian hari.

Dilansir dari laman resmi Pemprov Sulteng, meski lahir di Kota Palu, Cudy banyak menghabiskan masa kecilnya di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Rusdy kecil mengecap pendidikan dasar di SD Islam YPPI Donggala dan lulus tahun 1962 kemudian melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri Donggala hingga selesai.

Rusdy kembali ke Kota Palu untuk melanjutkan pendidikan menengahnya pada tahun 1965,. Ia lantas diterima di SMA Negeri 1 Palu dan menyelesaikan pendidikan menengahnya di Kota tersebut. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya pada 1966 Rusdy muda tidak melanjutkan studinya namun langsung terjun ke dunia kerja sebagai wiraswasta hingga terjun ke dunia politik.

Beragam Penghargaan

Dua bulan setelah resmi menjabat Gubernur Sulawesi Tengah, pada Agustus 2021 Rusdy Mastura mendapatkan penghargaan Garuda Pelindung Awards dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Penghargaan tertinggi dari LPSK itu diberikan berkat sepak terjang Rusdy saat menjabat Walikota Palu periode 2005 – 2010 dan 2010 – 2015.

Penghargaan tersebut melengkapi berbagai penghargaan sebelumnya yang pernah didapat Rusdy Mastura antara lain penghargaan sebagai tokoh yang paling berjasa 2020 dari Front Pemuda Kaili (FPK), Satyalancana Wirakarya (2009), Sindo Weekly Government Award (2015), dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com di Grup WhatsApp kami, klik link berikut whatsapp/GrupBuolOnline kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @buol_online.

Penulis

Wisryanto Mai
Pemimpin Redaksi
Subsribe
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar

Artikel Terkait

Postingan Terbaru

Trending Minggu Ini

Berikan Komentarmu

Iklan Baris

Syahril Pusadan, SE, M.Si, mantan anggota DPRD Buol mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli pemilu 2024

Pengumuman

Pilihan Edidor

Iklan Baris

CLOSE X
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.